Pentingnya Aplikom

Dijaman yang serba canggih ini peran Aplikasi komputer dalam kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai dalam berbagai bidang, misal untuk keperluan bisnis, pendidikan maupun untuk hiburan. namun, apakah penting mata kuliah aplikasi komputer pada bidang manajemen ? tentu saja hal itu penting. karena, komputer akan membantu menyelesaikan pekerjaan seperti menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual, mengolah data atau sebagai penyimpanan data dan sebagai salah satu sumber data analisa untuk mengambil keputusan. oleh karena itu, mahasiswa jurusan manajemen perlu mempelajari mata kuliah aplikasi komputer agar saat mulai terjun ke dunia pekerjaan lulusan manajemen tidak perlu lagi harus mengambil kursus komputer atau lainnya agar dapat menyelesaikan pekerjaan mereka.

adapun manfaat komputer dalam dunia bisnis, yaitu :

  1. untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun incidental dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. sebagai contoh, Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya dengan cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris dan sebagainya.
  2. untuk pengambilan keputusan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan computer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM dan sebagainya.
  3. digunakan untuk proses akuntansi, analisis keuangan, neraca, laba rugi dan sebagainya

Sistem Operasi yang dipelajari saat kita belajar bermanajemen sangat banyak. Contohnya dengan menggunakan internet, Microsoft Word, dan Microsoft Excel. Dengan menguasai ketiga system tersebut kita dapat lancar menjalankan pekerjaan Manajemen kita dengan baik, cepat, tepat, dan lancar.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *